Sunday, March 20, 2016

Kuliah Broadcasting BSI

Broadcasting mungkin saat ini menjadi jurusan favorit dikalangan calon mahasiswa, selain didunia broadcast membutuhkan banyak lowongan pekerjaan, jurusan ini juga beda dari jurusan lainnya, bisa dibilang Anti Mainstream. Belajar broadcasting itu gampang-gampang susah, kalo menurut saya gampang karena saya juga hobi didunia videografi, mungkin yang membuat susah itu adalah teorinya, salahsatunya ketika saya ada tugas dari dosen untuk membuat sebuah desain produksi program tv/film. Nah disitu adalah hal paling serem menurut saya, "DISPRO".

Hal pertama yang saya pelajari diperkuliahan broadcasting ini adalah fotografi. Basic dasar dari sebuah Videografi, salahsatu frame dari videografi. Disaat semester awal memang masih lebih banyak teorinya dibanding praktek. Ada dua kali praktek kalo ngga salah, kami mahasiswa broadcast praktek tv studio di Karnos. Praktek siaran radio juga pernah, tapi ngga di Karnos, di kampus kami prakteknya..

Masuk semester dua juga sama masih banyak teori dibanding praktek. Nah baru disemester 3 ada sebuah kompetisi antar kampus, "Broadcasting Award", diadakan di Cimacan Puncak turun dikit kearah Cianjur. Selesai kompetisi itu kami juga ditugaskan membuat sebuah film pendek berdurasi tidak lebih dari 5 menit. Sebuah tantangan membuat film berdurasi maksimal 5 menit dengan alur cerita yang dapat dipahami penonton. Nah tugas ini adalah karya pertama kami, dengan judul "Bad Luck Ipul".
Lanjut ke semester 4, makin banyak tugas praktek, ada tugas jurnalistik dan kita ditugaskan untuk berburu berita. Tugas membuat film Dokumenter dan tugas siaran radio berita. Intinya semester 4 adalah semesternya Jurnalistik hehe..

Disemester 5 ini adalah semester paling kampret menurut saya, banyak uang keluar, praktek juga banyak, tugasnya juga bejibun. Menurut senior juga ini adalah masa krisisnya mahasiswa broadcast. Tugas disemester 5 ini ada membuat film pendek berdurasi minimal 10 menit dan maksimal 15 menit, nah ditugas ini kelompok kami saat editing film over durasi. Tugas kedua adalah Produksi Program Radio, saya sangat optimis dengan tugas ini kami mendapatkan nilai "A", tapi takdir berkata lain, kami hanya dapet "B". Dan yang ketiga membuat program TV studio, live dan record. Pokoknya semester 5 adalah masa kritisnya mahasiswa.
Bad Luck Ipul 2

iXperts

Dan yang saya tunggu tunggu akhirnya tiba, TA, Tugas Akhir penentu kelulusan.. Yup semester 6, saya optimistis akan dapat nilai yang paling paling memuaskan. Saya berkelompok 8 orang, cowok 4 dan cewek 4.. Kelompok hebat, tim juara, kami yakin itu..!

5 comments:

  1. Halo kak. Mau tanya, jurusan broadcasting di kampus BSI adanya di kampus yg mana ya? Kalo boleh tau biaya nya per semester berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BSI Pemuda, Margonda, Bandung, Kaliabang, Jatiwaringin

      Delete
  2. Keren kak tugas film "Bad Luck Ipul 2" saya suka 😀 nambah pengetahuan juga. Kk kuliah di BSI mana ya kak? Makasih sebelumnya, salam kenal.

    ReplyDelete
  3. Mas, kalo gaada basic sama sekali di broadcasting nanti diajarin kan? mksh

    ReplyDelete